3 Tips Untuk Memilih Ikan Yang Masih Segar

Ikan adalah bahan utama makanan penuh protein dan gizi yang berguna bagi tubuh manusia. Daripada itu, ikan juga bisa dihidangkan sesuai dengan keinginan dan kenikmatan yang ingin dicoba. Akan tetapi, ikan yang sudah tidak segar juga sering ditemukan di berbagai tempat. Ikan yang kurang segar tentunya sudah tidak mempunyai nilai gizi dan tidak baik untuk tubuh.
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, dari itu kita harus bisa cerdik untuk memilih ikan yang benar-benar masih segar untuk dikonsumsi dan dimasak.
Berikut ini merupakan tips dalam memilih ikan yang masih segar.

1. Memilih Ikan Kembung
Untuk memilih jenis ikan ini sebenarnya tidak terlalu sulit, kita hanya perlu memeriksa mata dari ikan kembung ini. Periksalah mata dari jenis ikan ini apakah masih jernih dengan pupil mata yang sedikit kehitaman. Ikan kembung yang sudah tidak jernih biasanya dikenali dengan berdarah dan sudah memutih. Serta ikan yang memiliki mata kusam juga menandakan bahwa ikan tersebut sudah tidak segar dan lebih baik untuk tidak dipilih sebagai bahan olahan masakan.
Berikutnya, untuk memeriksa badan ikan yang masih padat atau tidak dengan menyentuh perut ikan secara perlahan hanya untuk memastikan teksturnya.
Untuk memastikannya lagi, jika ikan sudah tercium bau amis sebaiknya jangan dipilih lagi.

2. Ikan Salmon
Ikan salom yang terkenal karena dipasangkan dengan sushi ini memiliki kenikmatakn sendiri untuk kita konsumsi. Namun juga ada berbagai cara dengan olahan ikan salmon yang bisa kita nikmati. Biasanya ikan ini sangat gampang untuk dilihat apakah masih segar atau tidak dengan melihat warna dari ikan ini, jika masih berwarna orange kuat maka bisa dipastikan ikan ini masih sangat segar dan bisa kamu pilih. Ikan salmon sendiri juga memiliki tekstur bentuk yang sedikit kenyal dan tidak terlalu padat, pastikan untuk menyentuh sedikit ikan ini untuk melihat perbedaannya.

3. Ikan Tuna
Ikan ini merupakan sumber Omega tiga yang baik untuk tubuh kita, biasanya banyak ibu yang menggunakan jenis ikan ini untuk menjadi menu makanan bayi mereka. Tapi, anda tidak boleh sembarangan dalam memasak ikan tuna jika belum memastikan kesegaran dari ikan tersebut mengingat akan dikonsumsi oleh anak kesayangan atau orang kesayangan kita. Tips memilih ikan ini juga tidak terlalu sulit, kita hanya perlu perhatikan bagian warna ikan apakah masih berwarna kemerahan dan memiliki bentuk yang segar.

Nah, diatas ini merupakan tips untuk kamu dalam memilih ikan sebelum kamu olah menjadi menu makanan kamu. Pilihlah ikan yang benar-benar masih segar agar tidak terjadi hal yang aneh-aneh jika kamu mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *