Perbedaan Dari Ketupat, Lontong Dan Buras Yang Sebenarnya Tidak Sama

Ketupat merupakan makanan yang sering kita temui saat sedang Lebaran atau hari raya Idul Fitri. Makanan ini sering menjadi menu dalam hidangan buka puasa atau pada saat lebaran. Ketupat, buras dan lontong juga sama-sama hampir mirip bentuk bahkan cara membuatnya dari cara memasak hingga merebusnya karena membutuhkan cukup lama waktu.

Ketiga makanan itu adalah makanan khas yang berasal dari Indonesia, karena mereka merupakan makanan yang sering kita jumpai di beberapa restoran atau toko makanan yang ada di Indonesia. Meskipun ketiga makanan itu sering kita temui di beberapa restoran, sangat kita akui bahwa ketupat yang paling merupakan makanan yang memiliki ciri khas dari Lebaran ini juga sering dicari walaupun sedang tidak dalam musimnya.

Lantas, apa yang membuat ketiga makanan ini berbeda? Simak penjelasan dari ketiga makanan tersebut dibawah ini.

1. Buras
Buras ini merupakan makanan yang berasal dari kota Bugis, Indonesia. Makanan ini juga terbuat dari beras yang kemudian direbus dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan memerlukan beberapa jam untuk menunggu hasil rebusan tersebut. Hal yang membuat buras berbeda dengan lontong serta ketupat itu merupakan rasa gurih yang dimiliki oleh buras karena cara merebusnya ditambahkan santan kelapa yang secukupnya dan parutan dan garam didalamnya.

2. Lontong
Lontong adalah sejenis makanan yang dibuat dari beras yang direbus dengan waktu yang lama lalu dibungkus oleh daun pisang sebagai tempat untuk merebusnya. Waktu yang dibuat juga cukup lama selama lima jam untuk merebusnya. Lontong ini sangat sering dijadikan sebagai sarapan untuk orang Indonesia yang disajikan dengan santan dan beberapa sayuran hingga tempe dan mendoan sebagai pelengkap untuk menjadikan lontong ini semakin lezat.

3. Ketupat
Ketika lontong dan buras yang merupakan dibungkus dengan daun pisang, ketupat sendiri dibungkus dengan janur atau yang biasa dikenal dengan daun kelapa yang dilipat seperti kotak-kota. Ketika beras yang dimasukkan ke anyaman janur ini dimasak paling lama enam jam. Sangat lengkap sekali ketupat dipadukan dengan opor ayam yang nikmat dengan soup santan yang gurih dan nikmat bila dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *