Gudeg, Makanan Enak Khas Yogyakarta Yang Harus Kamu Coba

Yogyakarta tidak cuma dikenal dengan kota yang penuh dengan pemandangan yang indah saja, namun banyak juga makanan-makanan khas jogja yang menarik perhatian para wisatawan. Gudeg merupakan salah satu makanan khas Jogja yang banyak digemari, karena jika mengatakan Jogja maka yang teringat adalah nikmatnya Gudeg yang sangat ikonik di sana.

Berdasarkan sejarah dari gudeg ini, katanya sudah ada sejak tahun 1500-an. Makanan ini juga sudah ada pada saat didirikannya Kerajaan Mataram di Alas Mentaok.

Wilayah itu merupakan wilayah yang banyak menanam buah nangka yang biasanya dijadikan gori yang merupakan nangka muda yang akan menjadi bahan utama pembuatan gudeg.  Pada saat masa kerajaan mataram, mereka memasak nangka yang sangat banyak dan mereka yang memasak menggunakan sebuah benda yang menyerupai kapal. Dengan mengaduk nangka muda (gori) tersebut mereka menggunakan bahasa Jawa yang disebut hangudeg dan pada masa itu juga mereka menyebut atau menamai Gudeg.

Gudeg juga bisa dinikmati dengan dua cara, yaitu gudeg yang diberi sedikit kuah dan gudeg yang diberi banyak kuah atau basah. Pada masa itu juga, pangeran-pangeran dalam kerajaan sangat menikmati makanan tersebut. Banyak dari pangeran kerajaan yang meminta untuk dimasakkan Gudeg. Dan semenjak saat itu, gudeg menjadi salah satu makanan yang paling sering dimasak dalam kerajaan.

Di Yogyakarta sendiri juga sangat mudah untuk mendapatkan makanan ini. Ada salah satu tempat yang menjadi ikonik Gudeg di Yogyakarta. Daerah tersebut baru-baru ini disorot oleh masyarakat luar. Tempat tersebut berada di Wijilan.

Dan semenjak adanya makanan ini, tidak sedikit juga beberapa daerah menyediakan makanan khas Yogyakarta ini. Namu, tentu saja makanan khas ini lebih nikmat apabila dinikmati di Yogyakarta dengan menikmati pemandangan indah dari Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *